PROFIL KECAKAPAN HIDUP GENERIK SISWA MA AL-URWATUL WUTSQO BERDASARKAN GENDER DALAM PEMBELAJARAN EKOSISTEM

  • Alfian Iskandar Universitas Wiralodra
  • Lesy Luzyawati Universitas Wiralodra
  • Idah Hamidah Universitas Wiralodra
Keywords: Kecakapan hidup generik, gender, pembelajaran ekosistem

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini lebih menekankan pada pengetahuan teknis atau
kecakapan hidup yang bersifat khusus yaitu hanya mengandalkan nilai akademik dan kurang
menerapkan kecakapan hidup. Kecakapan hidup generik dapat berbeda antara laki-laki dan perempuan
(gender). Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecakapan hidup generik
siswa berdasarkan gender dalam pembelajaran sistem ekosistem di kelas X MIA MA Al-Urwatul
Wutsqo Indramayu. Jenis Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah kelas X MIA MA- Al-Urwatul Wutsqo Indramayu yang terdiri dari enam siswa laki-laki dan
sepuluh siswa perempuan dengan jumlah 16 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik Purpose
Sampling dan diperoleh sampel kelas X MIA. Instrumen yang digunakan yaitu lembar Observasi, lembar
Angket dan lembar Wawancara sebagai penunjang penelitian. Setelah dilakukan pengolahan data,
didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan kecakapan hidup generik aspek personal antara siswa lakilaki dan siswa perempuan.

Published
2019-11-19
How to Cite
Iskandar, A., Luzyawati, L., & Hamidah, I. (2019). PROFIL KECAKAPAN HIDUP GENERIK SISWA MA AL-URWATUL WUTSQO BERDASARKAN GENDER DALAM PEMBELAJARAN EKOSISTEM. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 124-136. https://doi.org/10.5281/zenodo.3648382

Most read articles by the same author(s)