PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MINAT DALAM PENGGUNAAN MEDIA LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Abstrak
Media LKPD yang berbasis PBL adalah alat yang digunakan untuk mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran melalui pemecahan masalah nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode eksperimen yang diterapkan langsung pada masalah yang ada di SMA Negeri 1 Lohbener. Pada siklus I, hasil belajar matematika siswa belum menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan hanya 22 dari 34 siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Rata-rata nilai siswa adalah 78,82, yang lebih tinggi dari Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebesar 75. Minat belajar siswa juga tergolong tinggi, meskipun hanya mencapai 47% dari target 75%. Pada siklus II, terjadi perbaikan signifikan dalam kegiatan pembelajaran, berdasarkan catatan pengamat. Penggunaan model ini di siklus II berhasil meningkatkan hasil belajar matematika siswa, di mana semua 34 siswa mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 90,59, jauh lebih tinggi dari KKTP sebesar 75. Minat belajar siswa juga meningkat pesat, mencapai 76% dari target 75%. Dengan demikian, pelaksanaan media LKPD berbasis PBL dapat dianggap berhasil dalam meningkatkan hasil belajar dan minat siswa kelas X-C SMA Negeri 1 Lohbener dalam pembelajaran matematika mengenai perbandingan trigonometri.