PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA
Abstrak
Kemampuan berfikir kritis siswa masih belum optimal hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan belum melatih kemampuan berfikir kritis siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir kritis siswa adalah model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X-8 MAN 1 Indramayu tahun ajaran 2024 / 2025 yang berjumlah 24 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebanyak 10,4% siswa menunjukkan tingkat peningkatan pembelajaran sedang (sedang) 80%, dan peningkatan pembelajaran individu tertinggi adalah 70%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.