PENGARUH MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Korelasi antara motivasi dengan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran daring dimasa pandemi COVID-19; (2) Keeratan korelasi antara motivasi dengan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran daring dimasa pandemi COVID-19; (3) Sumbangan relatif motivasi dengan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran daring dimasa pandemi COVID-19; (4) Apakah motivasi dapat digunakan untuk memprediksi hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran daring dimasa pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan populasi kelas XI SMA Negeri 1 Losarang pada tahun 2020/2021 dengan jumlah sampel 115 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner dan tes. Kuesioner diambil dari modifikasi skala Likert. Kuesioner motivasi belajar daring matematika terdiri dari 20 butir pernyataan dengan skor maksimal 80.