HASIL BELAJAR TRIGONOMETRI BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar trigonometri pada siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik, serta perbedaan hasil belajar trigonometri berdasarkan gaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan populasi seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Balongan tahun pelajaran 2020/2021. Sampel diambil sebanyak empat kelas dengan Teknik Cluster. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis laksanakan, dapat diambil empat kesimpulan, yaitu bahwa hasil beljaar trigonometri pada siswa yang memiliki gaya belajar visual masuk dalam kategori sedang, gaya belajar auditorial masuk dalam kategori rendah, dan gaya belajar kinestetik masuk dalam kategori tinggi. Hasil belajar trigonometri berdasarkan gaya belajar siswa memiliki perbedaan yang signifikan. Perbedaan tersebut terlihat pada hasil belajar trigonometri pada siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Rata-rata hasil belajar trigonometri pada siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik jauh lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya belajar visual dan auditorial. Berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat perbedaan hasil belajar trigonometri berdasarkan gaya belajar siswa.